Perhatikan Ciri-ciri Tanah Tidak Subur Sebelum Tanam Berbagai Tumbuhan

Perhatikan Ciri-ciri Tanah Tidak Subur Sebelum Tanam Berbagai Tumbuhan

Bagi Anda yang ingin memulai membudidayakan segala jenis tanaman baik di rumah atau tempat lainnya, maka perlu mengenai apa saja ciri-ciri tanah tidak subur. Hal ini akan berpengaruh dengan kualitas tanam dan tentunya berdampak bagi hasilnya nanti.

Perhatikan Ciri-ciri Tanah Tidak Subur Sebelum Tanam Berbagai Tumbuhan

 

Ciri-ciri Tanah Tidak Subur

Tidak suburnya tanah bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Anda bisa saja mendapatkan media tanam yang kurang baik sehingga mengganggu proses pertumbuhan suatu tanaman. Tentu saja hal ini cukup fatal jika dilakukan di awal penanaman. Berikut ciri-cirinya:

1. Sedikit Vegetasi yang Bisa Tumbuh

Tanah yang memiliki sedikit tanaman untuk tumbuh baik secara kualitas atau kuantitas tentu sudah menjadi pertanda bahwa media tanam in memang kurang subur. Hal ini menunjukkan bahwa di dalamnya tidak mengandung banyak unsur hara.
Tentu saja tanah yang mengandung banyak unsur hara akan mampu menjadi tempat tumbuhnya segala jenis tanaman. Anda bisa saja mengambil media tanam ini untuk dijadikan sebagai habitat tumbuhan baru.

2. Mempunyai pH Tidak Netral

Tanah yang mempunyai pH tidak netral dimana derajat keasaman dan basa terlalu tinggi atau rendah maka kurang baik untuk dijadikan sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Contohnya jika media tanam mini memiliki tingkat asam di bawah 6 atau di atas 8 maka pertumbuhan akan terganggu.
Biasanya kondisi ini diperparah dengan adanya unsur Al yang terlalu banyak sehingga kadar asam tinggi. Begitu pun jika tanah mengandung Molibdenum dan Ca maka media tanam ini juga akan sangat basa.

3. Lapisan Humus Tipis

Jumlah humus yang terlalu sedikit dapat menandakan bahwa sudah terjadi pengikisan oleh air atau erosi. Hal ini memungkinkan tumbuhan tidak akan mendapatkan unsur hara akibat nutrisi di dalam media tanam sangatlah minim.
Tidak hanya akibat erosi saja, lapisan humus yang tipis juga bisa disebabkan karena sedikitnya vegetasi tumbuh di media tanaman. Hal ini menyebabkan pelapukan material organik akan minim terbentuk sehingga unsur hara pun juga sedikit.

Itulah tadi ketiga ciri dari tanah yang tidak subur. Anda perlu memilah lagi saat sedang menentukan media tanam agar proses pertumbuhan pun berlangsung dengan maksimal dan optimal. Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya dengan mengunjungi tanam.co.id.

Related Post